Galeri

Mungkin para pembaca pernah berpikir apakah nanti bisa benar-benar menyesuaikan diri ketika berada di Jerman, khususnya menyesuaikan diri dengan makanan yang ada. Tidak perlu khawatir, karena menemukan beras/nasi di Jerman bukanlah perkara sulit. Bahan-bahan makanan lain seperti mi instan saat ini tidak hanya bisa didapatkan di toko-toko Asia, tetapi juga di supermarket-supermarket di Jerman.

Meskipun kini makanan Asia atau makanan dari negara-negara lain seperti pizza dari Italia ataupun kebab dari Turki ditambah makanan cepat saji semakin banyak dan mudah didapat, Jerman tetap memiliki makanan yang menjadi ciri khasnya sendiri yang masih digemari hingga saat ini. Selain roti yang banyak ditemui di Jerman dan merupakan makanan sehari-hari di sana, berikut adalah beberapa makanan yang sering diidentikkan dengan Jerman, sehingga orang pun mengenalnya sebagai makanan khas Jerman:

Sauerkraut

Mungkin sudah sering kita mendengar bahwa Sauerkraut adalah makanan khas Jerman. Lalu makanan seperti apakah sebenarnya Sauerkraut itu? Sauerkraut adalah makanan yang berasal dari kol putih yang difermentasi sehingga rasanya asam (sauer: asam, Kraut: kol). Sauerkraut sangat baik untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi saat musim dingin karena di dalamnya banyak terkandung vitamin C.

Currywurst

Di Jerman terdapat sekitar 1.500 jenis sosis, mulai dari Weißwurst, Frankfurter, Nürnberger, Currywurst, Knakwurst dan banyak lagi. Namun salah satu sosis yang paling terkenal sejak berpuluh-puluh tahun lamanya adalah Currywurst. Currywurst adalah sosis goreng yang diberi saus tomat dan dicampur dengan bubuk kari. Currywurst pertama kali ditemukan oleh seorang wanita pemilik stan makanan cepat saji bernama Herta Heuwer di Berlin pada tahun 1949. Karena begitu terkenalnya makanan ini, maka dibangunlah Museum Currywurst di Berlin. Museum Currywurst yang terletak di Checkpoint Charlie Berlin biasanya berhasil menarik perhatian ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Gewürzgurken

Gewürz = rempah-rempah/bumbu, Gürken = timun. Dari namanya pasti para pembaca sudah tahu makanan apa itu? Ya, Gewürzgurken adalah timun yang diberi bumbu ataupun rempah-rempah seperti lada, garam, cuka, dan lain-lain. Biasanya Gewürzgurken sudah dikemas dalam wadah berbentuk gelas kaca dan banyak dijual di supermarket-supermarket yang ada di Jerman.

Makanan khas di Jerman pada dasarnya berbeda-beda, tergantung pada daerah atau negara bagian masing-masing. Hasil alam yang ada di setiap wilayah di Jerman sangat mempengaruhi makanan di wilayah tersebut. Makanan khas yang ada di Jerman bagian selatan tentu saja berbeda dengan makanan dari Jerman bagian utara. Di Jerman selatan banyak ditemui makanan yang berasal dari olahan mi, sementara di Jerman utara kita akan mendapati banyak makanan yang berasal dari kentang.

Tinggalkan komentar